Inilah Profil Bupati Nikson Nababan

Nama Nikson Nababan mungkin sudah tidak asing di telinga para politikus maupun masyarakat Tapanuli Utara. Tapi, mungkin bagi masyarakat luas nama tersebut masih terasa asing. Lalu siapakah beliau ini? Ia merupakan sosok seorang Bupati dari Tapanuli Utara yang sangat disegani masyarakatnya. Karena Beliau ini merupakan sosok yang rendah hati dan mau duduk bersama masyarakatnya. Karena itulah warga Tapanuli Utara sangat menghormati Beliau sebagai seorang Bupati yang amanah dan mau menjaga kepercayaan masyarakatnya.

Nikson Nababan merupakan anak dari orang tua yang sederhana yang berprofesi sebagai guru juga sebagai petani di desa kelahirannya di Siborongborong. Ia lahir pada tanggal 5 Oktober 1972 dan dibesarkan dengan kehidupan yang pas – pas an. Namun, hal tersebut tidak menjadikannya patah semangat untuk menggapai mimpi – mimpinya. Ia pun bekerja keras membantu orang tuanya bertani demi semua cita – citanya. Bahkan, hasil dari dia bertani pun harus dibagi untuk membantu biaya sekolah kakak – kakaknya.

Meski banyak rintangan yang ia hadapi semasa kecilnya, seorang Nikson Nababan tidak kenal menyerah. Ia terus memegang angan – angannya untuk sukses sembari bekerja membanting tulang. Sampai pada akhirnya ia telah menyelesaikan masa SMA nya dan ia bisa melanjutkan kuliah di STPMD atau Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa Yogyakarta. Meski keadaan ekonomi terus melilit, ia mencoba tetap melanjutkan pendidikannya hingga akhir. Ia mengandalkan tekad dengan dibarengi usaha yang kuat untuk melewati ujian hidupnya tersebut.

Bupati Nikson Nababan ini bahkan pernah menjadi seorang pengamen untuk memenuhi kebutuhannya sehari – hari. Ia tidak ingin membebani orang tuanya sehingga ia terus mencari peluang bekerja yang ada untuk bertahan hidup. Hingga masa kuliahnya pun usai dan ia pun mulai menuai hasil kerja kerasnya selama ini. Ia mulai meniti karir yang gemilang sebagai seorang wartawan di perusahaan Harian Media Indonesia di Jakarta. Meskipun sudah bekerja, ia pun tak mengenal lelah dan terus berusaha untuk benar – benar mencapai impiannya.

Kiprah Sebagai Jurnalis

Setelah menjadi wartawan, Nikson Nababan ini dinobatkan sebagai pimpinan dari Majalah Bona Ni Pinasa yang terletak di Jakarta. Ia mulai benar – benar merasakan segala jerih payahnya sedari kecil. Namun tak berhenti disitu, jabatannya pun naik sebagai pendiri dari Tabloid Sumut News di Jakarta. Kemudian, karirnya pun semakin menanjak hingga ia menjadi direktur utama sebuah perusahaan yang bernama PT. Hasbin Inti Karya. Dan setelah itu dia pun menjadi seorang Komisaris di Koran Harian Palapa pos.

Lalu, pencapaian terbesar di umurnya yang ke 42 tahun ini, Nikson Nababan resmi dilantik sebagai Bupati Tapanuli Utara. Bersama wakilnya yaitu Drs. Mauliate Simorangkir, M.Si, ia dipercaya untuk memimpin masyarakat Tapanuli Utara tersebut. Ia dilantik oleh Gubernur Tapanuli Utara pada saat itu yang bernama Gatot Pujo Nugroho. Mereka dilantik pada tanggal 13 Juni 2014. Setelah mengucapkan sumpah jabatannya untuk mengayomi masyarakat Tapanuli Utara, ia pun resmi dinobatkan sebagai Bupati di Sumatera Utara tersebut.

Tak hanya rendah hati, sosok Bupati Nikson Nababan ini pun terkenal akan prestasi – prestasinya. Terbukti dari prestasinya yang meraih predikat opini WTP empat kali berturut – turut. Wtp ini merupakan piagam penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian yang didapat dengan kerja keras berdasarkan prosedur yang disediakan. Tidak hanya itu saja, juga harus dibarengi oleh kinerja para OPD dan dukungan dari DPRD Tapanuli Utara. Dan Bupati Tapanuli Utara ini dapat mempertahankan penghargaan ini empat kali berturut – turut, ini merupakan prestasi yang sangat gemilang sekali.

Tags: