Dubes AS disambut Bupati Nikson Nababan di Silangit

Kunjungan duta besar Amerika Serikat di Tapanuli Utara disambut oleh Bupati Nikson Nababan beserta Kapolres Tapanuli Utara. Joseph Donovan selaku Duta Besar Amerika Serikat beserta istrinya Mei Chou disambut bupati di Bandara Silangit. sebagai sambutan penghormatan. Bupati menyematkan kain ulos juga mengharap mereka menikmati keindahan Tapanuli Utara. Tidak hanya itu saja, Bupati juga mengajak mengunjungi monumen misionaris asal Amerika Serikat, Munson-Lyman. Di desa Lobu Pining, kecamatan Adiankoting, Tapanuli Utara. Juga tidak lupa mengajak duta besar Amerika Serikat mengunjungi destinasi-destinasi wisata di Tapanuli Utara.

Dalam sambutan itu, banyak promosi dilakukan untuk mengenalkan potensi wisata Tapanuli Utara. Selain, itu banyak hal menarik yang menjadi bagian penyambutan Nikson Nababan untuk Duta Besar Amerika Serikat. Dan selain itu juga sekaligus bertujuan untuk meningkatkan pendapatan daerah pada sektor pariwisata. Banyak hal yang perlu dibenahi merawat dan mengembangkan daerah untuk mengembangkan beberapa sektor untuk meningkatkan pendapatan daerah. Hal tersebut juga yang membuat Bupati Tapanuli Utara terus menggenjot beberapa sektor pendapatan yang ada di daerahnya.

Berkunjung Ke Monumen Muson-Lyman

Lokasi penyambutan Duta Besar Amerika Serikat oleh Bupati Nikson Nababan adalah di Bandara Internasional Silangit. Lokasi ini adalah salah satu hasil jerih payah program-program prestisius dari sang bupati Tapanuli utara. Bukti nyata dari keberhasilan program sang Bupati ini pun memberikan kemudahan dalam mengakses berbagai destinasi wisata yang ada di Sumatera Utara dan khususnya destinasi wisata di Tapanuli Utara sendiri. Awalnya program ini dianggap terlalu ambisius, namun dengan kegigihan dari sang Bupati berupa pembebasan lahan kosong. Dan juga dukungan dari pemerintah pusat secara maksimal. Sehingga tercipta bandara yang awalnya hanya untuk penerbangan perintis menjadi bandar udara internasional.

Monumen Muson-Lyman adalah destinasi yang pertama ditawarkan Bupati Nikson Nababan saat kunjungan Duta Besar Amerika Serikat di Tapanuli Utara. Monumen Muson-Lyman adalah monumen yang dibangun untuk mengenang 2 misionaris muda asal Boston. Amerika Serikat yang bernama Samuel Munson dan Henry Lyman. Monumen ini menjadi salah satu perhatian bagi sang bupati karena ingin menjadikan Tapanuli Utara terkenal sebagai destinasi wisata rohani. Kepedulian Bupati ini diwujudkan dengan promosi juga pembangunan fasilitas penunjang salah satu wisata yang menjadi sejarah awal mula penyebaran injil di tanah batak. Dengan kepedulian Bupati tentang monumen ini selain agar menjadi tujuan wisata rohani, juga agar masyarakat Tapanuli Utara penganut injil memiliki keluhuran beragama seiring dengan napak tilas di monumen Muson-Lyman ini.

Penyematan Kain Ulos Sebagai Tanda Penghormatan

Saat penyambutan Duta Besar Amerika Serikat oleh Bupati Tapanuli utara di Bandara Silangit, Nikson Nababan selaku Bupati menyematkan kain ulos sebagai penghormatan. Kain ulos sendiri dipilih adalah sebagai bentuk komitmen sang bupati sebagai kepedulian terhadap budaya asli batak. Bupati Tapanuli Utara ini sangat memperhatikan tentang adat budaya serta berkeinginan mengenalkan kepada masyarakat luas, bukan hanya Indonesia tetapi juga masyarakat dunia. Hal ini juga membuktikan bahwa sang Bupati juga menghormati dan menghargai keberagaman adat istiadat asli daerah serta menjaga ciri khas budaya batak agar tetap hidup dan tidak hilang karena berbagai penyebab. Ulos ini sendiri adalah busana khas yang dimiliki masyarakat khas batak, Sumatera Utara yang pembuatannya menggunakan alat tenun manual bukan mesin.

Penyambutan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan oleh Bupati Nikson Nababan di Bandara Internasional Silangit juga bagian dari program kerja Bupati. Dengan adanya kunjungan ini, Bupati berharap bisa menjadikan Tapanuli Utara sebagai pionir dalam membangun kemitraan yang strategis dengan Amerika Serikat. Juga diharapkan kemitraan ini dapat dirasakan secara luas di semua daerah Sumatera Utara. Sebagai salah satu program Bupati Tapanuli Utara, dalam penyambutan itu dimanfaatkan untuk mempromosikan destinasi wisata Tapanuli Utara. Dalam kunjungan itu juga diharapkan mampu membuat memberikan efek positif bagi perkembangan Tapanuli Utara.

Tags: