Bupati Nikson Nababan Imbau Warga Ciptakan Suasana Kondusif Pilkada Taput

Dalam tahun politik tidak dipungkiri akan adanya gesekan-gesekan karena perbedaan pilihan calon. Tidak terkecuali dengan kondisi Tapanuli Utara menuju Pilkada. Sadar suhu politik akan memanas, Nikson Nababan selaku Bupati Tapanuli Utara menghimbau warganya untuk tetap menjaga suasana agar tetap kondusif. Biasanya dalam tahun politik seperti ini, banyak hal yang harus diwaspadai untuk menghindari kegaduhan dalam masyarakat, diantaranya adalah kampanye hitam. Saling menjatuhkan dan saling fitnah antar pengusung calon kerap kali menghiasi demi meraup suara sebanyak-banyaknya.

Politik uang selalu menjadi bagian di setiap penyelenggaraan pemilu maupun pilkada. Beberapa politisi kerap kali menghalalkan segala cara untuk meraih suara dan memenuhi ambisi menang dalam pemilihan. Politik uang menjadi salah satu pilihan bagi para politisi yang tidak jujur dan mereka membeli dukungan dari pemilih. Sebagai Bupati, Nikson Nababan ingin menjaga kondisi tetap kondusif di Tapanuli Utara. Oleh karena itu, beliau menghimbau masyarakat untuk menghindari pusaran politik uang. Beliau mengharapkan masyarakat memilih dengan hati, mengetahui dengan benar siapa calonnya agar nantinya bisa memimpin dengan baik dan jujur.

Kebanyakan masyarakat awam yang terlalu fanatik terhadap seorang calon menganggap pemilu maupun pilkada adalah segalanya. Sehingga mereka akan membela “calonnya” itu dengan segala cara. Untuk itu Bupati Nikson Nababan menghimbau untuk memahami esensi pemilu atau pilkada itu sendiri agar tidak mendukung secara membabi buta. Bupati meminta kepada masyarakat untuk menentukan pilihan sesuai dengan hati nurani dan akal sehat. Selain itu kedekatan sosok bukan menjadikan alasan menjatuhkan pilihan tetapi juga perlu mempertimbangkan rekam jejak mereka dalam kepemimpinannya.

Canggihnya teknologi dan media sosial dengan berbagai macam gawai menjadi primadona di era globalisasi ini. Teknologi sudah mencapai semua lapisan masyarakat, sehingga setiap informasi melalui media sosial hanya hitungan menit bisa menjangkau setiap individu. Tapi kecanggihan dan kepintaran gawai terkadang tidak diimbangi penggunaan yang cerdas. Sehingga dengan mudah digunakan oleh oknum untuk melancarkan fitnah dan menjatuhkan saingan politik dalam pemilihan. Untuk itu, Nikson Nababan menghimbau masyarakat Tapanuli Utara untuk cerdas memilah setiap info yang beredar dalam media sosial.

Hindari Isu SARA Untuk Pilkada Tapanuli Utara Yang Kondusif

Di Tapanuli Utara sebagai bagian dari Indonesia yang memiliki masyarakat majemuk, sangat mudah memantik kekacauan lewat isu Sara yang dihembuskan. Patut diketahui, Tapanuli Utara yang didominasi masyarakat beragama Kristen juga memiliki sebagian kecil yang menganut agama Islam dan Budha. Sehingga sentimen – sentimen tentang Sara mudah sekali tumbuh subur di masyarakat yang majemuk. Kerap kali isu Sara menjadi senjata politik yang cukup ampuh untuk menciptakan kondisi yang tidak kondusif dan dimanfaatkan oleh oknum tertentu. Nikson Nababan pun merasa perlu menghimbau masyarakatnya untuk menghindari isu Sara agar suasana kondusif tetap terjaga di Tapanuli Utara.

Bupati Nikson Nababan juga menghimbau agar masyarakat Tapanuli Utara tidak turut serta dalam kampanye hitam. Baik terlibat langsung maupun tidak langsung dalam penyebaran kampanye hitam. Kampanye hitam adalah sebuah upaya merusak atau menjatuhkan reputasi seseorang dengan memberikan propaganda negatif. Sehingga kandidat politik yang menjadi lawannya kehilangan kredibilitasnya dan secara otomatis tersingkir dalam perebutan kekuasaan dalam pemilihan. Kampanye hitam ini sangat berbahaya karena bisa berdampak secara luas dan memantik masalah keamanan di masyarakat, juga bisa berujung ke ranah hukum.

Himbauan – himbauan dari Bupati tapanuli Utara Nikson Nababan bertujuan agar warga agar terjaga keadaan kondusif di masyarakat dalam menghadapi tahun politik ini. Karena diperlukan kecerdasan intelektual dan mental agar masyarakat bisa tetap tenang dalam suhu politik yang semakin memanas.

Tags: