Komit Bupati Nikson Nababan : Percepat Pembangunan Infrastruktur

Program – program kerja yang baik dan efektif adalah hal yang diharapkan oleh masyarakat kepada pemimpin. Pun begitu dengan masyarakat Tapanuli Utara banyak berharap kepada Nikson Nababan, selaku bupati dari Tapanuli Utara. Dengan motto “tiada yang mustahil” diharapkan mampu menjawab harapan masyarakat Tapanuli Utara. Selama kepemimpinannya, masyarakat berharap beliau mampu menjadikan Taput daerah yang mandiri dan mampu berkontribusi kepada pemerintahan pusat. Minimnya alokasi yang diterima, tidak menyurutkan sang Bupati untuk menjalankan program-programnya demi kemakmuran masyarakat Tapanuli Utara.

Bukti perjuangannya, ia dengan gigih melakukan lobi secara langsung ke Kementrian terkait agar proposal pembangunan yang diajukan segera ditindaklanjuti. Demi kepentingan masyarakat, ia berjuang membuat program yang tepat untuk masyarakatnya. Selama kepemimpinannya ada 3 program utama yang diusung Bupati Nikson Nababan. Tujuan dari program tersebut ialah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur. Program – programnya yaitu sektor pertanian, sektor SDM, dan sektor wisata.

Pada sektor pertanian, Nikson Nababan ingin mewujudkan mimpi petani dengan membantu memberikan pupuk bersubsidi serta memberikan bibit unggul. Tidak hanya itu, pemerintah kabupaten juga dipersiapkan untuk menampung hasil panen petani. Dengan syarat harga diatas biaya produksi sehingga apabila harga anjlok, petani tidak perlu khawatir akan hasil panennya. Selain itu, untuk menunjang kemajuan sektor pertanian ia menerapkan program pembangunan infrastruktur untuk memudahkan akses petani sehingga bisa menghemat ongkos angkut produksi. Hal ini dapat memberikan keuntungan yang lebih besar bagi petani.

Infrastruktur Yang Memadai Menghasilkan SDM Unggul

Nikson Nababan juga memandang pentingnya pembangunan infrastruktur untuk menunjang sektor SDM agar bisa menghasilkan SDM yang unggul dan berkualitas. Untuk menuju program SDM unggul, diadakan pembangunan infrastruktur yang layak dan memadai. Dibangunnya PAUD minimal 1 di setiap desa dicanangkan untuk menggiatkan pendidikan sejak dini. Kemudian dilakukan pembangunan unit sekolah baru sebagai pemerataan pendidikan seperti SMA NEGERI 1 PURBATUA, SMA NEGERI 2 PARMONANGAN, serta SMP NEGERI 7 TARUTUNG. Juga dibangun akses jalan agar memudahkan pelajar menuju sekolah, serta disediakan bus untuk antar jemput siswa/siswi di kecamatan Parmonangan dan kecamatan Garoga.

Di awal kepemimpinan Bupati Nikson Nababan mencanangkan pembangunan infrastruktur berupa bandara Silangit. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa Tapanuli Utara memiliki potensi wisata yang cukup besar. Namun jika tidak ditunjang dengan akses yang memadai, tentu potensi wisata Tapanuli Utara. Untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur berupa pembangunan bandara internasional adalah dengan melakukan pembebasan lahan yang sebelumnya hutan lindung. Tidak hanya lokasi wisata yang sudah dikenal saja yang menjadi fokus pembangunan, sang bupati juga melakukan terobosan membangun daerah wisata lain yang diyakini memiliki potensi besar namun masih tersembunyi seperti air terjun Sarulla, desa Silalitoruan, agrowisata Siatas Barita.

Selain beberapa sektoral diatas, Nikson Nababan juga memperbaiki beberapa pembangunan infrastruktur pendukung. Diantaranya adalah program pembangunan turbin pembangkit listrik tenaga air seperti di desa Lobu Sihom Kecamatan Simangumban. Sehingga daerah – daerah yang awalnya masih belum terjangkau listrik bisa dialiri listrik melalui programnya. Selain itu juga dibangun perusahaan air mineral dalam kemasan sehingga selain memberikan lapangan pekerjaan yang baru dan menyerap tenaga kerja baru, juga bisa memberikan pendapatan daerah. Pendirian perusahaan air mineral ini adalah hasil kerja sama antara pemerintah daerah Tapanuli Utara dengan masyarakat umum.

Semua program – program pembangunan infrastruktur serta inovasi dari bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan ditujukan untuk masyarakatnya. Diantara mimpi besar dalam pembangunan infrastruktur adalah diresmikannya Bandar Udara Internasional Silangit. Dan semua hal tersebut tak lain untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat Tapanuli Utara.

Tags: