Bupati Nikson Sampaikan Proposal Ke Kemenkeu

TARUTUNG – Untuk mempercepat pembangunan sesuai RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengajukan proposal ke Kementerian Keuangan RI. Selain itu, ia juga menyempatkan konsultasi dan koordinasi ke Dirjen Anggaran dan juga Dirjen Dana Perimbangan Kementerian Keuangan RI di Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Dihadapan Dirjen Anggaran Askolani dan Kasubid DAK Fisik Roni secara terpisah didampingi Kepala BPKPAD James Simanjuntak menyampaikan proposal/usulan untuk percepatan pembangunan. “Untuk percepatan pembangunan Tapanuli Utara, kami sangat mengharapkan perhatian Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Keuangan,” pintanya.

Nikson menjelaskan, sebagai referensi ke Kemenkeu bahwa dalam empat tahun terakhir, Pemkab Taput telah melaksanakan beberapa prgram unggulan seperti pada sektor pendidikan dengan sekolah gratis ‘zero’ pungutan, sektor kesehatan dengan program pengobatan gratis dan rumah sehat jiwa serta pembangunan infrastruktur jalan dengan pembukaan interkoneksi antar wilayah.

“Masyarakat sangat berharap kedepannya Pemerintah merealisasikan janjinya, itulah maksud kedatangan Kami agar Tapanuli Utara mendapat penambahan Dana Alokasi Umum/Khusus, Dana Bagi Hasil dan Dana Insentif Daerah sehingga pembangunan semakin meningkat,” tambahnya.

Nikson berharap usulan tersebut disambut positif Pemerintah Pusat. “Jika anggaran tidak tambah sangat sulit nantinya Taput akan tambah pembangunan apalagi APBD sudah terserap untuk Pemilukada, sehingga anggaran harus dikejar untuk menutupi serapan anggaran tadi,” tukasnya.

Dirjen Anggaran Askolani menyambut positif langkah Bupati Nikson dengan melakukan komunikasi langsung dan mengatakan, akan menindak lanjuti sesuai dengan ketentuan dan formula yang berlaku. “Pemerintah akan menindaklanjuti permohonan pembangunan dari daerah. Tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Kasubid DAK Fisik Roni menyampaikan terpisah usulan Pemkab Taput yang disampaikan secara on-line sudah sampai. “Kita proses dan begitu juga usulan saat ini akan segera kita tindak lanjuti dengan tetap berpedoman dengan peraturan,” sambutnya.

Kepala BPKPAD James Simanjuntak kepada palapapos.co.id, Minggu (22/7/2018) membenarkan penyampaian proposal pembangunan ke Kemenkeu. “Kita harapkan proposal ditindaklanjuti, jika hanya mengandalkan APBD Taput tidak akan pesat pembangunannya. Taput sangat bersyukur punya pemimpin Nikson Nababan yang visioner dan inovatif dengan jaringan serta lobi peningkatan anggaran,” sebutnya.

Selain itu, dukungan anggota DPR RI Sukur Nababan yang putra Taput sangat kuat membantu menggolkan anggaran pembangunan. “Pak Sukur sangat intens perhatiannya ke daerah ini, kami berharap tetap didukung demi percepatan pembangunan,” tandasnya.

sumber : http:// www.palapapos.co.id/listing/view/1293/30/bupati-nikson-sampaikan-proposal-ke-kemenkeu

Tags: